Wednesday, November 25

TUGAS AGAMA ISLAM


Merujuk pada perkataan terkenal Nabi, yaitu Islam dibangun atas lima pilar yang harus diikuti : penegasan akan keimanan (syahadat), yaitu, penerimaan akan La ilaha illa 'Llah (tiada satupun Tuhan yang patut disembah selain Allah) dan Muhammadun

rasul Allah (Muhammad adalah utusan Allah); do’a atau sembahyang lima kali sehari (al-salat) dengan menghadap Makkah; berpuasa (al-sawm) yaitu menahan emosi, nafsu dan makan minum serta lainnya yang dilarang semenjak terbit Fajar (shubuh) sampai tenggelamnya matahari (maghrib)selama bulan Ramadhan; berhaji ke Makkah (al-hajj) sekurangnya sekali seumur hidup jika keuangan dan fisik tubuh memungkinkan ; dan membersihkan harta dengan membayar “sedekah” sebesar 2 1/2% (al-zakat) yang digunakan untuk keperluan umat. Muslim juga diperintahkan untuk selalu mengajak lainnya berbuat baik dan mencegah perbuatan keji (buruk). Tata susila atau tat krama bermasyarakat merupakan jantung dari ajaran Islam dimana semua pria dan wanita di anjurkan untuk bertata krama kepada sesama disetiap saat. Seperti perkataan Nabi , "Tidak beriman kamu sebelum kamu mencintai saudaramu seperti engkau mencintai diri sendiri."

Sebagai sebuah keyakinan (al-iman) Islam mengajarkan, keyakinan kepada Allah, Kitab yang telah dturunkanNya, Utusan – utasnNya, Hari Akhir (Hari Kiamat) dan takdir yang telah ditetapkan oleh Allah.Untuk memahami iman secara sempurna, seorang Muslim harus merujuk kepada Al Qur’an dan Sunnah (Hadits) agar mendapatkan definisi yang sempurna dan pemahaman yang benar sesuai dengan yang ditekankan oleh Agama Islam. Konsep penting lainnya dalam Islam ialah al-ihsan atau kebajikan, dimana saat anda melakukan sesuatu, anda harus berbuat anda melihat Allah, namun jika anda tidak melihat Allah tetapi Allah selalu melihat setiap tindakan anda. Hal ini membuat kita untuk selalu mengingat Allah disetiap saat dan ini merupakan tingkatan tertinggi dari seorang Muslim.

0 comments:

TUGAS AGAMA ISLAM